MODEL, KONSEP & TEORI KEPERAWATAN “JEAN WATSON’’




1.1            Latar Belakang
 Adanya pergeseran demografi, pergeseran sosial ekonomi, serta meningkat dan bertambah rumitnya masalah kesehatan akan berdampak pada tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan termasuk pelayanankeperawatan. Masyarakat lebih sadar akan hak dan kewajiban untuk menuntut tersedianya pelayanan kesehatan dan keperawatan dengan
mutu yang secara profesional dapat dipertanggungjawabkan. Menghadapi globalisasi ini tiada upaya lain yang perlu dilakukan keculai mengadakan penyesuaian dan perbaikan terhadap
mutu layanan keperawatan.
            Peningkatan mutu pelayanan keperawatan didukung oleh pengembangan teori-teori keperawatan, salah satunya adalah teori Caring menurut Jean Watson. Caring adalah sentral untuk praktek keperawatan karena caring merupakan suatu cara pendekatan yang dinamis, dimana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan kepeduliannya kepada klien. Kunci dari kualitas pelayanan asuhan keperawatan adalah perhatian, empati dan kepedulian perawat. Hal ini sangat sesuai dengan tuntutan masyarakat pada saat ini yaitu mengharapkan pelayanan keperawatan yang berkualitas.
              Banyak faktor yang mempengaruhi factor caring, seperti umur, gender, lingkungan kerja dan
kualifikasi perawat. melihat banyak faktor yang mempengaruhi perawat dalam pemberian asuhan
keperawatan yang didasari prinsip caring, kelompok tertarik untuk melihat fenomena yang
terjadi di lahan praktek, apakah caring dapat dilaksanakan oleh perawat tanpa dibatasi tempat, waktu dan kondisi klien
1.2     Untuk makalah selengkapnya silahkan Download di SINI





KUMPULAN ASKEP SIAP PAKAI

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA MEDIS



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakan
Peran teknologi informasi kini telah mencakup hampir di semua bidang ilmu, tidak terkecuali di bidang ilmu kedokteran. Saat ini perkembangan dunia teknologi sangat berkembang pesat terutama dalam dunia IT (Informatic Technology). Perkembangan dunia IT berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan.
Dewasa ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Diharapkan dengan berkembangnya teknologi di bidang kedokteran dan kesehatan serta semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi (ICT), akses untuk masyarakat umum mendapatkan informasi menjadi sangat terbuka luas. Masyarakat juga harus mendapatkan sumber informasi secara benar, sehingga masyarakat umum akan terlindungi dari informasi-informasi yang tidak benar dan kurang akurat, terutama informasi dibidang kesehatan dan kedokteran.
Di era teknologi informasi dan era keterbukaan ini, masyarakat mempunyai kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga apabila masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak bermutu maka masyarakat berhak menuntut pada pemberi pelayanan kesehatan. Namun kondisi keterbukaan pada masyarakat saat ini sepertinya belum didukung dengan kesiapan pelayanan kesehatan, salah satunya dalam memenuhi ketersediaan alat dokumentasi yang cepat dan modern dipelayanan kesehatan, khususnya rumah sakit. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini di Indonesia belum secara luas dimanfaatkan dengan baik oleh perawat khususnya di pelayanan rumah sakit, terutama pelayanan keperawatan.
    1.2. Rumusan Masalah
    Makalah selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI
                                                              

MAKALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN (PEMBUNGAN LIMBAH)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG

Permasalahan lingkungan hidup telah menjadi suatu penyakit kronis yang dirasa sangat sulit untuk dipulihkan. Selama 20 tahun terakhir Pembangunan ekonomi Indonesia mengarah kepada industrialisasi. Tidak kurang terdapat 30.000 industri yang beroperasi di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Peningkatan jumlah ini menimbulkan dampak negative dari industrialisasi ini yaitu terjadinya peningkatan pencemaran yang dihasilkan dari proses produksi industri. Pencemaran air, udara, tanah dan pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) merupakan persoalan yang harus dihadapi oleh komunitas-komunitas yang tinggal di sekitar kawasan industri.
Gejala umum pencemaran lingkungan akibat limbah yang segera tampak adalah berubahnya keadaan fisik maupun peruntukan sesuatu lingkungan. Air sungai  atau air sumur sekitar lokasi industri  pencemar, yang semula berwarna jernih, berubah menjadi keruh berbuih dan terbau busuk, sehingga tidak layak dipergunakan lagi oleh warga masyarakat sekitar untuk mandi, mencuci, apalagi untuk bahan baku air minum. Terhadap kesehatan warga masyarakat sekitar dapat timbul penyakit dari yang ringan seperti gatal-gatal pada kulit sampai yang berat berupa cacat genetic pada anak cucu dan generasi berikut.
Parahnya lagi, penyakit akibat pencemaran ada yang baru muncul sekian tahun kemudian setelah cukup lama bahan pencemar terkontaminasi dalam bahan makanan menurut daur ulang ekologik, seperti yang terjadi pada kasus penyakit minaimata sekitar 1956 di Jepang. terdapat lebih dari 100 orang meninggal atau cacat karena mengkonsumsi ikan yang berasal dari Teluk Minamata. Teluk ini tercemar merkuri yang berasal dari sebuah pabrik plastik. Bila merkuri masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan, dapat menyebabkan kerusakan akut pada ginjal sedangkan pada anak-anak dapat menyebabkan Pink Disease/ acrodynia, alergi kulit dan kawasaki disease/mucocutaneous lymph node syndrome.
File selanjutnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

SATUAN ACARA PENYULUHAN PERAWATAN LUKA


Topik               : PERAWATAN LUKA
Waktu             : 10.00 s/d selesai
Tempat            : Ruang murai RSAM Bandar Lampung
Sasaran            : Tn.J 


Tujuan penyuluhan
a. Umum        : Setelah penyuluhan diharapkan pasien dapat memahami tentang diabetes melitus dan perawatan luka

b. Khusus       : Setelah penyuluhan diharapkan pasien dapat :
A. Diabetes Melitus
1.            Menyebutkan pengertian diabetes melitus
2.            Menyebutkan penggolongan diabetes melitus
3.            Menyebutkan tanda dan gejala diabetes melitus
4.            Menyebutkan penyebab diabetes melitus
5.            Menyebutkan komplikasi diabetes melitus
6.            menyebutkan penanganan diabetes melitus


B. Perawatan Luka
7.            Menyebutkan pengertian perawatan luka
8.            Menyebutkan tujuan perawatan luka
9.            Menyebutkan jenis-Jenis Luka
10.        Menyebutkan mekanisme terjadinya luka
11.        Menyebutkan fase penyembuhan Luka
12.        Menyebutkan faktor yang Mempengaruhi Luka
13.        Menyebutkan komplikasi Penyembuhan Luka
14.        Menyebutkan cara Merawat Luka yang baik dan benar

Kegiatan Penyuluhan

a. Materi         :  Diabetes Melitus
1. pengertian diabetes melitus
2. penggolongan diabetes melitus
3. tanda dan gejala dibetes melitus
4. penyebab diabetes melitus
5. komplikasi diabetes melitus
6. penanganan diabetes melitus


Perawatan Luka
1.            Pengertian perawatan luka
2.            Tujuan perawatan luka
3.            Jenis-Jenis Luka
4.            Mekanisme terjadinya luka
5.            Fase penyembuhan Luka
6.            Faktor yang Mempengaruhi Luka
7.            Komplikasi Penyembuhan Luka
8.            Cara Merawat Luka yang baik dan benar

 file selanjutnya silahkan download di SINI

LAPORAN PENDAHULUAN CIDERA KEPALA


PENGERTIAN
Cidera kepala adalah suatu gangguan traumatik dari fungsi otak yang disertai atau tanpa disertai perdarahan interstiil dalam substansi otak tanpa diikuti terputusnya kontinuitas otak.
Cidera otak primer:
Adalah kelainan patologi otak yang timbul segera akibat langsung dari trauma. Pada cidera primer dapat terjadi: memar otak, laserasi.
Cidera otak sekunder:
Adalah kelainan patologi otak disebabkan kelainan biokimia, metabolisme, fisiologi yang timbul setelah trauma.
Proses-proses fisiologi yang abnormal:
-          Kejang-kejang
-          Gangguan saluran nafas
-          Tekanan intrakranial meningkat yang dapat disebabkan oleh karena:
·         edema fokal atau difusi
·         hematoma epidural
·         hematoma subdural
·         hematoma intraserebral
·         over hidrasi
-          Sepsis/septik syok
-          Anemia
-          Shock
Proses fisiologis yang abnormal ini lebih memperberat kerusakan cidera otak dan sangat mempengaruhi morbiditas dan mortalitas.
baca selanjutnya DI SINI

TUJUH LANGKAH MENJALANKAN AFFILANSI DI BLOG

Pengen banget rasanya berbagi ilmu pengetahuan dan tentunya juga ga kalah pentingnya pengalaman pada anda semua yang sedang atau ingin mencoba menjalankan bisnis online terutama bagi para pemula, internet marketing atau mendapatkan uang dari internet. Disini saya akan bergi tips-tips dan caranya. Bagi yang baru belajar internet sekalipun, jangan sia-siakan waktu dan energi anda untuk memanfaatkan peluang yang ada di internet saat ini. Saya tidak akan mengatakan kepada anda bahwa mendapatkan income dari internet itu mudah atau sulit karena semuanya tergantung dengan kerja  keras kita sendiri seberapa komitmenkah kita menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena itu saya akan berbagi eBook Gratis TUJUH LANGKAH MENJALANKAN AFFILIANSI DI BLOG File nya bisa anda Download di SINI


        BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT:


     
        DOWLOAD eBook 7 PENYEBAB BISnis tidak berkembang
     
        Video 3-D Sex and Zen