KONSEP THALASEMIA

A.   
Definisi
Thalasemia merupakan penyakit anemua hemolitik herediter yang diturunkan secara resesif, secara molekuler dibedakan menjadi thalasemia alfa dan beta, sedangkan secara klinis dibedakan menjadi thalasemia mayor dan minor ( Mansjoer, Kapita Selekta Kedokteran, 2000 : 497 )
 Thalasemia merupakan penyakit anemia hemolitik herediter yang diturunkan secara resesif. Ditandai oleh defisiensi produksi globin pada hemoglobin. dimana terjadi kerusakan sel darah merah di dalam pembuluh darah sehingga umur eritrosit menjadi pendek (kurang dari 100 hari). Kerusakan tersebut karena hemoglobin yang tidak normal (hemoglobinopatia)

B.     Klasifikasi Thalasemia
Secara molekuler talasemia dibedakan atas :
1. Thalasemia a (gangguan pembentukan rantai a)
2. Thalasemia b (gangguan p[embentukan rantai b)
3. Thalasemia b-d (gangguan pembentukan rantai b dan d yang letak gen nya diduga berdekatan).
4. Thalasemia d (gangguan pembentukan rantai d)
            Secara klinis talasemia dibagi dalam 2 golongan yaitu :
1. Thalasemia Mayor (bentuk homozigot) Memberikan gejala klinis yang jelas
2. Thalasemia Minor biasanya tidak memberikan gejala klinis

C.    Gejala Klinis Thalasemia
Thalasemia mayor, gejala klinik telah terlihat sejak anak baru berumur kurang dari 1 tahun, yaitu:
* Lemah
* Pucat
* Perkembangan fisik tidak sesuai dengan umur
* Berat badan kurang
* Tidak dapat hidup tanpa transfusi
 Thalasemia intermedia : ditandai oleh anemia mikrositik, bentuk heterozigot.
Thalasemia minor/thalasemia trait : ditandai oleh splenomegali, anemia berat, bentuk homozigot.
Pada anak yang besar sering dijumpai adanya:
* Gizi buruk
* Perut buncit karena pembesaran limpa dan hati yang mudah diraba
* Aktivitas tidak aktif karena pembesaran limpa dan hati (Hepatomegali ), Limpa yang besar ini mudah ruptur karena trauma ringan saja
 Gejala khas adalah:
* Bentuk muka mongoloid yaitu hidung pesek, tanpa pangkal hidung, jarak antara kedua mata lebar dan tulang dahi juga lebar.
* Keadaan kuning pucat pada kulit, jika sering ditransfusi, kulitnya menjadi kelabu karena penimbunan besi

D.    Patofisiologi Thalasemia
Penyebab anemia pada thalasemia bersifat primer dan sekunder. Penyebab primer adalah berkurangnya sintesis Hb A dan eritropoesis yang tidak efektif disertai penghancuran sel-sel eritrosit intrameduler. Penyebab sekunder adalah karena defisiensi asam folat,bertambahnya volume plasma intravaskuler yang mengakibatkan hemodilusi, dan destruksi eritrosit oleh system retikuloendotelial dalam limfa dan hati.

Penelitian biomolekular menunjukkan adanya mutasi DNA pada gen sehingga produksi rantai alfa atau beta dari hemoglobin berkurang. Tejadinya hemosiderosis merupakan hasil kombinasi antara transfusi berulang,peningkatan absorpsi besi dalam usus karena eritropoesis yang tidak efektif, anemia kronis serta proses hemolisis.

Sumber : http://ngandel.blogspot.com 

PANDUAN PENDAFTARAN CPNS ONLINE KALIMANTAN BARAT 2021


Lowongan kerja CPNS pemerintah Kalimantan Barat tahun 2021 telah dibuka rabu pukul 00.00 WIB. Bagi putra/putri daerah dipersilahkan untuk mendaftar melalui online melalui portal nasional
https://panselnas.menpan.go.id
Adapun langkah-langkahnya admin ingin berbagi semoga ada manfaatnya:
  1. Silahkan buka link ini untuk memilih instansi terkait yang anada minati dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan  https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/13-daerah/provinsi/kabkota/
  2. Setelah di pilih pastikan istansi yang anda pilah adalah benar contoh anda memilih Kabupaten Sintang ini linknya https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/13-formasi/daerah/provinsi/kabkota/559-kab-sintang
  3. Lihat formasi adakah kualifikasi lowongan untuk jenjang pendidikan dan jabatan untuk anda, jika ada dan anda yakin silahkan masuk di pendaftaran online di sini linknya https://regpanselnas.menpan.go.id/
  4. Untuk lebih jelas silahkan lihat video youtube berikut http://www.youtube.com/watch?v=xYD3uf_ZBV0
  5. Setelah pendaftaran selesai silahkan lihat email anda.(pastikan email yang anda daftarkan Vailed karena confirmasi id dan paswod akan di kirim via email)
  6.  Kemudian log in di http://sscn.bkn.go.id
  7. Ingatttt....... pendaftaran hanya bisa di lakukan cukup satu kali oleh karena itu admin sarankan untuk membaca benar- benar semua informasi baik, formasi, syarat, dan tata cara pendaftaran jangan sampai kesalahkan kecil membuat kita GUGUR Administratif
  8. Download FORMAT Surat LAMARAN Mengikuti TES CPNS KAL-BAR
  9. Selamat mencoba
  10. Sebagai referensi silahkan lihat link di bawah ini


TINJAUAN TEORY LUPUS

A.
Pengertian
Lupus dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan/serigala”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu Lupus adalah penyakit kronik /menahun, merupakan penyakit daya tahan tubuh atau disebut penyakit “autoimun” artinya kekebalan/perlindungan (immune) terhadap jaringan tubuh sendiri (auto). Hal ini disebabkan penderita penyakit ini pada umumnya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa di pipi serigala, tetapi berwarna putih. (Bruner and Sudart 2006)
SLE(Sistemic Lupus Erythematosus) adalah penyakit radang multisystem yang sebab nya belum diketahui, dengan perjalanan penyakit yang mungkin dapat akut dan kronik remisi serta eksaserbasi disertai adanya berbagai macam auto antibody dalam tubuh. Klasifikasi SLE (Sistemic Lupus Erythematosus) ada 3 jenis penyakit lupus yang dikenal yaitu:
1.   Discoid Lupus, yang juga dikenal sebagai Cutaneus Lupus, yaitu penyakit Lupus yang menyerang kulit.
2.   Systemics Lupus, penyakit Lupus yang menyerang kebanyakan system di dalam tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, ginjal, hati, otak, dan sistem saraf. Selanjutnya kita singkat dengan SLE (Systemics Lupus Erythematosus).
3.   Drug-Induced, penyakit Lupus yang timbul setelah penggunaan obat tertentu. Gejala-gejalanya biasanya menghilang setelah pemakaian obat dihentikan.
B.  Etiologi
Faktor penyebab terserangnya seseorang terhadap penyakit Lupus hingga kini belum diketahui, tetapi pengaruh lingkungan dan faktor genetik, hormon diduga sebagai penyebabnya :
1.   Faktor Genetik : Tidak diketahui gen atau gen – gen apa yang menjadi penyebab penyakit tersebut, 10% dalam keluarga Lupus mempunyai keluarga dekat orang tua atau kaka adik yang juga menderita lupus, 5% bayi yang dilahirkan dari penderita lupus terkena lupus juga, bila kembar identik, kemungkinan yang terkena Lupus hanya salah satu dari kembar tersebut.
2.   Faktor lingkungan sangat berperan sebagai pemicu Lupus, misalnya : infeksi, stress, makanan, antibiotik (khususnya kelompok sulfa dan penisilin), cahaya ultra violet (matahari) dan penggunaan obat – obat tertentu.
3.   Faktor hormon, dapat menjelaskan mengapa kaum perempuan lebih sering terkena penyakit lupus dibandingkan dengan laki-laki. Meningkatnya angka pertumbuhan penyakit Lupus sebelum periode menstruasi atau selama masa kehamilan mendukung keyakinan bahwa hormon, khususnya ekstrogen menjadi penyebab pencetus penyakit Lupus. Akan tetapi hingga kini belum diketahui jenis hormon apa yang menjadi penyebab besarnya prevalensi lupus pada perempuan pada periode tertentu yang menyebabkan meningkatnya gejala Lupus masih belum diketahui.
4.   Faktor sinar matahari adalah salah satu kondisi yang dapat memperburuk gejala Lupus. Diduga oleh para dokter bahwa sinar matahari memiliki banyak ekstrogen sehingga mempermudah terjadinya reaksi autoimmun. Tetapi bukan berarti bahwa penderita hanya bisa keluar pada malam hari. Pasien Lupus bisa saja keluar rumah sebelum pukul 09.00 atau sesudah pukul 16.00 WIB dan disarankan agar memakai krim pelindung dari sengatan matahari. Teriknya sinar matahari di negara tropis seperti Indonesia, merupakan faktor pencetus kekambuhan bagi para pasien yang peka terhadap sinar matahari dapat menimbulkan bercak-bercak kemerahan di bagian muka.kepekaan terhadap sinar matahari (photosensitivity) sebagai reaksi kulit yang tidak normal terhadap sinar matahari.
C.    Klasifikasi
Ada tiga jenis lupus, yaitu :
1.   Lupus Eritematosus Sistemik (LES), dapat menimbulkan komplikasi seperti lupus otak, lupus paru-paru, lupus pembuluh darah jari-Jari tangan atau kaki, lupus kulit, lupus ginjal, lupus jantung, lupus darah, lupus otot, lupus retina, lupus sendi, dan lain-lain.
2.   Lupus Diskoid, lupus kulit dengan manifestasi beberapa jenis kelainan kulit. Termasuk paling banyak menyerang.
3.   Lupus Obat, yang timbul akibat efek samping obat dan akan sembuh sendiri dengan memberhentikan obat terkait. Umumnya berkaitan dengan pemakaian obat hydralazine (obat hipertensi) dan procainamide (untuk mengobati detak jantung yang tidak teratur).
D.    Patofisiologi
Penyakit SLE terjadi akibat terganggunya regulasi kekebalan yang menyebabkan peningkatan autoantibodi yang berlebihan. Gangguan imunoregulasi ini ditimbulkan oleh kombinasi antara faktor-faktor genetik, hormonal (sebagaimana terbukti oleh awitan penyakit yang biasanya terjadi selama usia reproduktif) dan lingkungan (cahaya matahari, luka bakar termal). Obat-obat tertentu seperti hidralazin, prokainamid, isoniazid, klorpromazin dan beberapa preparat antikonvulsan di samping makanan seperti kecambah alfalfa turut terlibat dalam penyakit SLE- akibat senyawa kimia atau obat-obatan.
Pada SLE, peningkatan produksi autoantibodi diperkirakan terjadi akibat fungsi sel T-supresor yang abnormal sehingga timbul penumpukan kompleks imun dan kerusakan jaringan. Inflamasi akan menstimulasi antigen yang selanjutnya serangsang antibodi tambahan dan siklus tersebut berulang kembali. Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas. Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu
1.   Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.
2.    Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit). Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya.
E.  Gejala Klinis
Gejala klinis dan perjalanan penyakit lupus sangat bervariasi. Penyakit dapat timbul mendadak disertai tanda-tanda terkenanya berbagai sistem dalam tubuh. Penyakit dapat juga menahun dengan gejala pada satu sistem yang lambat laun diikuti oleh terkenanya sistem yang lain. Pada tipe menahun terdapat masa bebas gejala dan masa kambuh kembali. Masa bebas gejala dapat berlangsung bertahun-tahun. Munculnya penyakit dapat spontan atau didahului faktor pemicu. Setiap serangan biasanya disertai gejala umum, seperti demam, badan lemah, nafsu makan berkurang dan berat badan menurun.
F.  Manifestasi Klinis
1.      Sistem Muskuloskeletal
Artralgia, artritis (sinovitis), pembengkakan sendi, nyeri tekan dan rasa nyeri ketika bergerak, rasa kaku pada pagi hari.
2.      Sistem Integumen
Lesi akut pada kulit yang terdiri atas ruam berbentuk kupu-kupu yang melintang pangkal hidung serta pipi.Ulkus oral dapat mengenai mukosa pipi atau palatum durum.
3.      Sistem Kardiak
Perikarditis merupakan manifestasi kardiak.
4.      Sistem Pernafasan
Pleuritis atau efusi pleura.
5.      Sistem Vaskuler
Inflamasi pada arteriole terminalis yang menimbulkan lesi papuler, eritematous dan purpura di ujung jari kaki, tangan, siku serta permukaan ekstensor lengan bawah atau sisi lateral tangan dan berlanjut nekrosis.
6.      Sistem Perkemihan
Glomerulus renal yang biasanya terkena.
7.      Sistem Saraf
Spektrum gangguan sistem saraf pusat sangat luas dan mencakup seluruh bentuk penyakit neurologik, sering terjadi depresi dan psikosis.

G.    Diagnosis
Diagnosis SLE seringkali sulit ditegakkan karena gejala klinis penyakitnya sangat beraneka ragam. Untuk menegakkan diagnosis SLE umumnya harus dilakukan melalui dua tahapan. Pertama, menyingkirkan kemungkinan diagnosis penyakit lain. Kedua, mencari tanda dan gejala penyakit yang memiliki nilai diagnosis tinggi untuk SLE. Berdasarkan kriteria American College of Rheumatology (ACR) 1982, diagnosis lupus dapat ditegakkan secara pasti jika dijumpai 4 kriteria atau lebih dari 11 kriteria, yaitu:
1.      Bercak-bercak merah pada hidung dan kedua pipi yang memberi gambaran seperti kupu-kupu (butterfly rash)
2.      Kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari (photohypersensitivity).
3.      Luka di langit-langit mulut yang tidak nyeri.
4.      Radang sendi ditandai adanya pembengkakan serta nyeri tekan sendi.
5.      Kelainan paru.
6.      Kelainan jantung.
7.      Kelainan ginjal.
8.      Kejang tanpa adanya pengaruh obat atau kelainan metabolik.
9.      Kelainan darah (berkurangnya jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah).
10.  Kelainan sistem kekebalan (sel LE positif atau titer anti-ds-DNA abnormal atau antibodi anti SM positif atau uji serologis positif palsu sifilis)
11.  Antibodi antinuklear (ANA) positif.
Kelainan yang paling sering adalah kelainan sendi dan kelainan kulit. Sendi yang sering terkena adalah sendi jari-jari tangan, sendi lutut, sendi pergelangan tangan dan sendi pergelangan kaki. Kelainan kulit berupa butterfly rash dianggap khas dan banyak menolong dalam mengarahkan diagnosis lupus.
H. Komplikasi
Kehamilan
Pada kehamilan dari perempuan yang menderita lupus, sering diduga berkaitan dengan kehamilan yang menyebabkan abortus, gangguan perkembangan janin atau pun bayi meninggal saat lahir. Tetapi hal yang berkebalikan juga mungkin atau bahkan memperburuk gejala lupus. Sering dijumpai gejala Lupus muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.
Dalam kehamilan sering terjadi kelainan kulit sehingga kambuhnya lupus dapat tidak diketahui, namun pada umumnya tetap dapat diobati dengan obat yang terseleksi. Lebih baik apabila ibu dengan lupus tidak mendapat obat-obatan selama hamil, namun belum ada laporan bahwa obat-obat untuk lupus (kecuali cyclophosphamide atau golongan kortikosteroid selain prednison) menyebabkan cacat janin meskipun jumlah kasus belum banyak

I.    Penatalaksanaan Medis
1.   Pengobatan
Sampai sekarang, SLE memang belum dapat disembuhkan secara sempurna. Meskipun demikian, pengobatan yang tepat dapat menekan gejala klinis dan komplikasi yang mungkin terjadi. Program pengobatan yang tepat bersifat sangat individual tergantung gambaran klinis dan perjalanan penyakitnya. Pada umumnya, penderita SLE yang tidak mengancam nyawa dan tidak berhubungan dengan kerusakan organ vital dapat diterapi secara konservatif.
Bila penyakit ini mengancam nyawa dan mengenai organ-organ vital, maka dipertimbangkan pemberian terapi agresif. Terapi konservatif maupun agresif sama-sama menggunakan terapi obat yang digunakan secara tunggal ataupun kombinasi.
2.   Terapi konservatif biasanya menggunakan :
a.    anti-inflamasi non-steroid (indometasin, asetaminofen, ibuprofen), salisilat, kortikosteroid (prednison, prednisolon) dosis rendah
b.   antimalaria (klorokuin). Terapi agresif menggunakan kortikosteroid dosis tinggi dan imunosupresif (azatioprin, siklofoshamid).

Selain itu, penderita SLE perlu diingatkan untuk selalu menggunakan krem pelindung sinar matahari, baju lengan panjang, topi atau payung bila akan bekerja di bawah sinar matahari karena penderita sangat sensitif terhadap sinar matahari. Infeksi juga lebih mudah terjadi pada penderita SLE, sehingga penderita dianjurkan mendapat terapi pencegahan dengan antibiotika bila akan menjalani operasi gigi, saluran kencing, atau tindakan bedan lainnya. Salah satu bagian dari pengobatan SLE yang tidak boleh terlupakan adalah memberikan penjelasan kepada penderita mengenai penyakit yang dideritanya, sehingga penderita dapat bersikap positif terhadap terapi yang akan dijalaninya.

BACA JUGA:

SAP AKIBAT TIDAK MENYIKAT GIGI

Bidang studi               : Pendidikan Kesehatan Gigi
Sub Bidang Studi       : Akibat tidak menyikat gigi
Sasaran                        : Anak Pra sekolah
Tempat                        : Di taman kanak-kanak
Waktu                                     : 15 menit

A.      TIU (TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM)
Setalah dilakukan penyuluhan diharapkan sasaran dapat mengetahui makanan yang merusak gigi dan makanan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi.

B.       TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah dilakukan penyuluhan anak-anak pra sekolah dapat :
1.         Menyebutkan makanan yang merusak gigi dengan baik dan benar
2.         Menyebutkan minimal 3 contoh makanan yang dapat merusak gigi dengan baik dan benar
3.         Menyebutkan jenis makanan yang menyehatkan gigi dengan baik dan benar
4.         Menyebutkan minimal 3 contoh makanan yang menyehatkan gigi dengan baik dan benar

C.      MATERI
Jenis makanan yang merusak gigi antara lain :
a.         Makanan yang mengandung karbohidrat
b.         Makanan yang manis-manis
c.         Makanan yang lengket
Karena jenis makanan tersebut banyak mengandung gula yang apabila dibiarkan akan banyak bakteri yang dapat merusak gigi.
Contoh makanan yang merusak gigi antara lain :
a.         Permen
b.         Coklat
c.         Es krim
d.        kue
Jenis makanan yang dapat mencegah kerusakan gigi dan dapat menyehatkan gigi antara lain :
a.         Makana yang mengandung serat, karena serat-seratnya dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada gigi
b.         Makanan yang mengandung vitamin, kalsium karena jenis makanan ini berfungsi untuk memperkuat gigi
c.         Makanan yang berair karena makanan yang banyak mengandung air dapat membersihkan sisa – sisa makanan yang terdapat pada gigi
Contoh makanan yang dapat mencegah kerusakan gigi antara lain :
a.         Buah-buahan : apel, pepaya, jambu biji, jambu air, mangga dll.

b.         Sayuran : wortel, mentimun, dll

D.      KEGIATAN PENYULUHAN
Tahap
Kegiatan penyuluhan
Kegiatan sasaran
Media
Metode
Waktu
Pembukaan
Memberi salam
Perkenalan
Menjawab salam
Mendengarkan
Papan tulis
Ceramah
3 menit
Materi
Menjelaskan tentang :
a.        Jenis makanan yang merusak gigi
b.       Contoh makanan yang merusak gigi
c.        Jenis makanan yang menyehatkan gigi
d.       Contoh makanan yang merusak gigi
Memperhatikan
Poster
Cerita
10 menit
Evaluasi
Memberikan pertanyaan kepada sasaran
Menjawab pertanyaan

Tanya jawab
5 menit
Penutup
Mengucapkan salam
Menjawab Salam

ceramah
2 menit

E. METODE
-    Tanya Jawab
-    Ceramah
-    Cerita

F.    MEDIA
-    Poster
-    Papan tulis

G.    EVALUASI
1.   Sebutkan jenis makanan yang merusak gigi ?
2.   Sebutkan contoh makanan yang merusak gigi ?
3.   Sebutkan jenis makanan yang menyehatkan gigi ?
4.   Sebutkan contoh makanan yang menyehatkan gigi ?

Sumber : http://ngandel.blogspot.com 
Semoga Bermanfaat.