MAKALAH HORMON


1.1  Latar Belakang
hormon-hormon yang terlibat didalam kelenjar endokrin adalah :
q  Kelenjar pienalis terdapat di dalam otak, di dalam ventrikel berbentuk kecil merah seperti sebuah cemara. Terletak dekat korpus.
q  Kelenjar Pankreas adalah suatu organ yang terdiri dari jaringan eskron dan endokrin. Bagian eksokrin pancreas mengeluarkan larutan  basa encer dan enzim-enzim pencernaan. Melalui duktus pankreatikus ke dalam lumen saluran pencernaan. Terdapat pada belakang lambung di depan vertebra lumbalis I dan II terdiri dari sel-sel alpha, beta, delta, sel PP. Sel alpha menghasilkan hormon glucagon, sel beta menghasilkan hormon insulin, Sel delta tempat sintesis somatostatin, Sel PP mengeluarkan polipeptida pankreas.
q  Kelenjar Ovarium merupakan kelenjar berbentuk buah kenari terletak di kiri dan kanan uterus dibawah tuba uriterina dan terikat di sebelah belakang oleh ligamentum latum uterus.Seperti halnya testes, ovarium juga berfungsi sebagai organ endokrin dan organ reproduksi. Sebagai organ endokrin, ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Sebagai organ reproduksi, ovarium menghasilkan ovum (sel telur) setiap bulannya pada masa ovulasi untuk selanjutnya siap untuk dibuahi sperma. Estrogen dan progesteron akan mempengaruhi perkembangan seks sekunder, menyiapkan endometrium untuk menerima hasil konsepsi serta mempertahankan proses laktasi. Estrogen dibentuk di sel-sel granulosa folikel dan sel lutein korpus luteum.
q  Kelenjar  mamamia
Payudara pada wanita yang tidak  hamil terutama terdiri dari jaringan lemak dan system duktus rudimenter.  Ukuran payudara ditentukan oleh jumlah jaringan lemak . payudara yang mampu menghasilkan susu terdiri dari jaringan duktus yang secara progresif mengecil yang bercabang dari putting payudara dan berakhir di lobus-lobus.Selama kehamilan, konsentrasi esterogen yang tinggi menyebabkan pengembangan  duktus  yang ekstensif, sedangkan progesterone yang tinggi merangsang pembentukan lobus alveoli, prolaktin (suatu hormone hipofisis anterior yang dirangsang oleh peningkatan kadar eserogen) dan human chorionic somatomammotropin (suatu hormone peptide yang dikeluarkan plasenta)juga ikut berperan dalam perkembangan kelenjar mamaria dengan menginduksi pembentuk enzim-enzim yang diperlukan untuk pembentukan susu.
q Testis adalah kelenjar kelamin jantan pada hewan dan manusia. Manusia (pria) mempunyai dua testis yang dibungkus dengan skrotum.Testis dibungkus oleh lapisan fibrosa yang disebut tunika albuginea. Di dalam testis terdapat banyak saluran yang disebut tubulus seminiferus. Tubulus ini dipenuhi oleh lapisan sel sperma yang sudah atau tengah berkembang.
Kelenjar prostat adalah kelenjar seks pada pria yang berukuran kecil, terletak dibawah kandungan kemih dan mengelilingi saluran kencing(uretra).
Kelenjar Epididimis merupakan saluran halus yang panjangnya ±6 cm terletak disepanjang atas tepi dan belakang dari testis. Terdiri dari kepala/kaput yang terletak diatas kutup testis. Badan dan ekor epididimis sebagian ditutupi oleh lapisan visceral, lapisan ini pada mediastinum menjadi lapisan pariental.
Dalam anatomi, uretra adalah saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh.   Uretra berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Pada pria, berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani.

1.2  Rumusan masalah

1.      Mengetahui apa yang ada pada kelenjar endokrin
2.      Mengetahui hormon-hormon yang terlibat didalamnya







0 komentar: