Pengaruh Perilaku Menyikat Gigi Sebelum Tidur Terhadap Karies

Menyikat gigi dua kali sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride telah diakui oleh para professional sejak bebrapa tahun yang lalu, sebagaimana hal itu berfungsi sebagai pencegahan dan kontrol dari penyakit karies dan periodontal.
Terdapat perbedaan antara efek menyikat gigi seblum tidur dengan hanya menyikat gigi setelah mandi sore. Yaitu jika kita hanya menyikat gigi setelah mandi sore maka plak yang menempel setelah kita makan malam akan tetap terbawa hingga tidur. Pada saat itulah bakteri-bakteri seperti streptococcus mutans yang terdapat dalam mulut akan mulai beraksi untuk merusak gigi, dan didukung oleh menurunnya kadar fluor dalam mulut. Dengan berkurangnya kadar fluor bearti proses remineralisasi menurun dan kemungkinan proses demineralisasi meningkat. Fluor berperan memicu remineralisasi, dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor maka semakin sering terpapar ion fluor dalam mulut yang dapat meningkatkan remineralisasi dan menghambat demineralisasi terutama pada malam hari saat potensi saliva menurun.

Sebaliknya jika kita menyikat gigi sebelum tidur maka proses perkembangan bakteri tersebut akan berkurang. Setelah aktivitas makan malam slesai, dengan menyikat gigi sebelum tidur maka sisa-sisa makanan akan dapat dibersihkan. Maka dari itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan setelah menyikat gigi sebelum tidur karena berarti sama kejadiannya seperti selesai makan tanpa diikuti dengan menyikat gigi sebelum tidur. 



Baca Jua:





No comments: