TAUKAH ANDA APA ITU TELUR

A. Pengertian
    Telur adalah produk peternakan yang mengandung nilai asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh     manusia. Kendati memiliki kandungan gizi tinggi, telur mudah rusak akibat bakteri, antara lain Salmonella, bahan kimia dari limbah, dan benturan atau gesekan
   Telur memiliki struktur yang khusus  karena didalamnya terkandung zat-zat gizi yang sebetulnya disediakan bagi perkembangan sel telur yang telah dibuahi menjadi seekor anak ayam. Bagian esensial dari telur adalah albumen (putih telur), yang banyak mengandung air dan berfungsi sebagai perendam getaran. Secara bersama-sama albumen dan yolk (kuning telur) merupakan cadangan makanan yang siap digunakan oleh embrio. Telur dibungkus atau dilapisi oleh kerabang (kulit telur) yang berfungsi sebagai pelindung terhadap gangguan fisik, tetapi juga mampu berfungsi untuk pertukaran gas dalam respirasi (Soeparno, 1996). Suprapti (2002) mengemukakan bahwa secara umum, telur tediri atas tiga komponen pokok, yaitu: Kulit telur atau cangkang (kira-kira 11% dari berat total telur), putih telur (kira-kira 57% dari berat total telur) dan kuning telur (kira-kira 32% dari berat total telur).

B. Fungsi dari bagian-bagia
1. Cangkang Telur : Mempunyai banyak pori yang penting untuk pertukaran udara. Di dalam cangkang terdapat selaput tipis, di salah satu ujung telur, selaput tidak menempel pada cangkang sehingga membentuk rongga udara.
2. Rongga Udara : Sebagai sumber oksigen bagi embrio.
3.  Albumen (putih telur) : Berfungsi untuk melindungi zigot atau embrio dari goncangan, bahaya lain, dan sebagai cadangan makanan.
4.  Kuning Telur : Sebagai persediaan makanan bagi embrio.
5. Kalaza (tali kuning telur) : Berfungsi untuk menahan kuning telur, supaya tetap pada tempatnya dan menjaga embrio agar tetap berada di bagian atas kuning telur.
6. Keping Lembaga : Disebut juga sel embrio, yang akan tumbuh menjadi individu baru. 

C. Kandungan Telur
    Telur mengandung protein, vitamin A, D, E, B, fosfor, dan zinc. Kandungan lemak yang terkandung dalam telur jumlahnya juga tidak terlalu banyak, berbeda dengan lemak yang terkandung dalam jenis protein hewani lainnya. Misalnya, daging merah (sapi), dan daging ayam

D. Manfaat Telur
·       Mudah dicerna dan rasanya enak.
·       Banyak terdapat zat-zat makanan, terutama di dalam kuningnya.
·       Dapat dibuat macam-macam makanan atau dapat juga digunakan sebagai penyedap makanan.
·       Dapat dibuat untuk mengentalkan makanan, penghias hidangan, dan pemberi warna.
·       Dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan kuat.


BACA JUGA:

 

No comments: