SOAL UJIKOM KBS


Soal Latihan KBS  #‎UKOMPerawat  KMB 001

Obat antihipertensi diresepkan untuk klien dengan hipertensi. Klien mengatakan pada perawat bahwa ia akan memilih obat herbal untuk membantu menurunkan tekanan darahnya. Manakah dari pernyataan perawat berikut ini yang paling penting untuk disampaikan kepada klien?

A.“Obat herbal tidak aman dan sebaiknya tidak digunakan”
B.“Saya akan mengajarkan anda cara pengukuran tekanan darah sehingga dapat dimonitor dengan ketat”
C.“ Anda harus menemui dokter lebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat herbal”
D.“Jika anda mengkonsumsi obat herbal, anda harus mengukur tekanan darah secara teratur”
E.“Jika anda yakin obat herbal dapat menurunkan tekanan darah, silahkan digunakan”
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMPerawat KMB 001
Jawaban :C
Rasional: Walaupun obat herbal mungkin mempunyai manfaat, namun tidak semua aman untuk dikonsumsi. Klien yang dirawat dengan obat konvensional harus disarankan untuk menghindari obat herbal yang mempunyai efek yang sama. Karena kombinasi dapat menimbulkan reaksi yang berlebihan atau interaksi obat yang tidak diketahui. Untuk itu perawat menyarankan klien untuk mendiskusikan penggunaannya dengan tenaga ahli kesehatan.
Strategi mengerjakan soal: Catat yang paling penting. Abaikan pilihan jawaban A terlebih dulu karena adanya kata pendek tertutup yaitu ‘tidak pernah’, kemudian abaikan pilihan jawaban B dan D karena sama, sedangkan E juga harus dihindari karena klien mendapatkan pengobatan secara konvensional.

Soal Latihan KBS  #‎UKOMPerawat  KMB 002

Seorang klien dibawa ke unit gawat darurat oleh tim ambulan setelah mengalami pingsan dirumahnya. Resusitasi jantung paru telah dilakukan namun tidak berhasil. Istri klien mengatakan kepada perawat bahwa klien adalah seorang pendonor organ tubuh dan mata korban sudah didonasikan. Manakah tindakan yang harus dilakukan perawat selanjutnya?

A.Letakkan verban kering yang steril pada kedua mata almarhum
B.Hubungi Yayasan Donor Nasional untuk memastikan bahwa klien adalah pendonor.
C.Tutup kedua mata klien., tinggikan kepala tempat tidur, dan letakkan kantung es kecil
D.Minta istri klien untuk mendapatkan dokumen legal mengenai donasi organ dari pengacara
E.Lakukan persiapan pembedahan untuk penagmbilan kornea mata

Jwabnnya adalah ....
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMPerawat KMB 002
Jawaban :C
Rasional: saat seorang pendonor kornea meninggal dunia, tetes mata antibiotik dapat diresepkan dan diteteskan. Kedua mata ditutup dan letakkan kantung es kecil pada kedua mata tersebut. Kepala tempat tidur dinaikkan sampai 30 derajat untuk mencegah udem. Dalam 2 sampai 4 jam, bola mata dikeluarkan. Kornea bisa ditransplasi dalam 24 sampai 48 jam. Pilihan jawaban A salah karena verban tidak dipasang. Bebrpa protokol donor organ menggunakan balutan yang dibasahi cairan fisiologis. Pilihan jawaban B bukan tindakan yang harus segera dilakukan. Dan seharusnya klien juga menandatangani kartu donor., atau menvcamtumkan keinginannya semasa masih hidup dalam SIM (surat izin mengemudi) milik pendonor. Dokumen legal tambahan harus dilengkapi. Prosedur-prosedur resmi mengenai perawatan donor.
Strategi mengerjakan soal: catat kata strategis ‘selanjutnya’. Juga catat pokok masalah terkait persiapan kornea dan donasi kornea tersebut. Hal ini akan membantu membuang pilihan jawaban B, D, dan E. Dari pilihan tersebut, pikirkan tentang efek grafitasi dan terjadinya edema dan atur bagian kepla tempat tidur dan sudut elevasi.
Sumber: Saunders 360 Review untuk UKOM DIII Kep. Indonesia. (Edisi 1).
@ apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.
Salam SUPER

No comments: