MAKALAH KOMUNIKASI



PEMBAHASAN



2.1  DEFINISI KOMUNIKASI

            Kata komunikasi berasal dari bahasa latin coomunicare yang berarti berpartisipasi atau memberitahukan. Komunikasi adalah suatu yang dapat dipahami sebagai hubungan atau saling hubungan, saling pengertian, sebagai pesan. Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan (Edwar Depari, AW Widjaja,2000). Komunikasi adalah proses yang mana symbol verbal dan non verbal dikirimkan,diterima dan diberi arti (William J Seiller,1988).

Menurut Louis Forsdale (1981), seorang ahli komunikasi dan pendidikan mengatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses memberikan signal menurut aturan tertentu, sehingga dengan cara ini suatu system dapat di diri kan, dipelihara dan diubah. Komunikasi  adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

KESIMPULAN : komunikasi merupakan proses pengiriman atau perukaran (stimulus,signal,symbol,informasi) baik dalam bentuk verbal maupun non verbal dari pengirim ke penerima pesan dengan tujuan adanya perubahan (baik dalam aspek kognitif, efektif, maupun psikomotor).

2.2  TUJUAN KOMUNIKASI
            Tujuan komunikasi antara lain adalah :
1.      Supaya pesan yang kita sampaikan dapat di mengerti oleh orang lain (komunikan)
2.      Memahami orang lain
3.      Supaya gagasan dapat diterima orang lain
4.      Menggerakan orang lain untuk melakukan sesuatu

Secara singkat dapat kita katakana bahwa tujuan komunikasi adalah mengharapkan pengertian, dukungan, gagasan, dan tindakan komunikator dapat diterima oleh orang lain (komunikasi). Sebagai tenaga kesehatan yang memiliki tanggungjawab sesuai dengan tugas dan wewenangnya, secara umum komunikasi yang dilakukan perawat memiliki tujuan dan target yaitu :
a.       Social change / social participation
b.      Attitude change
c.       Opinion change
d.      Behavior change
Komunikasi yang dilakukan perawat bertujuan agar pelayanan keperawatan yang diberikan dapat berjalan efektif. Kemampuan komunikasi yang efektif ini merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh perawat professional.

2.3  FUNGSI KOMUNIKASI
Beberapa fungsi komunikasi diantaranya :
1.      Informasi, pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta, pesan, opini, dan komentar yang diperlukan agar dapat dimengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi lingkunagn serta orang lain agar dapat mengambil keputusan yang tepat.
2.      Sosialisasi
3.      Motivasi
4.      Perdebatan dan diskusi
5.      Pendidikan
6.      Memajukan kehidupan
7.      Hiburan
8.      Integrasi

2.4  ELEMEN-ELEMEN KOMUNIKASI
            Elemen-elemen komunikasi adalah :
1.      Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sediri. Sumber komunikasi dapat berupa orang, buku, dokumen,lembaga atau sejenisnya (A.W. Widjaja ,2000:30). Sumber sangat penting untuk menentukan atau menilai kualitas komunikasi. Dalam dunia penulisan, sumber merupakan salah satu aspek untuk menilai ilmiah atau tidak nya sebuah pesan atau informasi.
2.      Komunikator adalah orang atau kelompok yang menyampaikan pesan atau stimulus kepada orang atau pihak lain(komunikasi) dan diharapkan orang atau pihak lain yang menerima pesan tersebut memberikan respon atau jawaban (feedback). Agar proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik, komunikator dapat berperan sebagai komunikasi dan sebaliknya. Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menjadi komunikator yang baik : penampilan, penguasaan masalah, penguasaan bahasa.
3.      Pesan adalah isi stimulus yang dikeluarkan oleh komunikator (sumber) kepada komunikasi (penerima). Pesan yang disampaikan harus tepat dan mengena sasaran, dengan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
-          Pesan harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan
-          Penyampaian pesan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti
-          Pesan harus menarik minat dan kebutuhan pribadi menerima serta menimbulkan kepuasan
Hambatan-hambatan dalam penyampaian pesan : hambatan bahasa dan hambatan teknis.
4.      Channel adalah saluran atau sarana untuk penyampaian pesan atau bisa disebut juga media, media komunikasi dapat dikategoikan dalam 3 bagian :
1.      Media umum, misal : telepon, hp.
2.      Media masa, misal : pers, radio, tv.
3.      Media khusus, misal : kode-kode.
5.      Komunikan adalah penerima pesan, dapat digolongkan daam 3 jenis yaitu : personal, kelompok, dan masa. Keterampilan yang harus dimiliki komunikan :
a.       Keterampilan menangkap dan meneruskan pesan
b.      Pengentahuan yang cukup tentang materi yang dikomunikasikan
c.       Sikap yang jujur dan siap untuk menerima serta memberi pesan.
6.      Feed back adalah merupakan respon komunikasi terhadap pesan yang diterima baik secara verbal maupun non verbal. Bentuk-bentuk feedback :
1.      Eksternal feed back
2.      Internal feed back
3.      Direct feed back atau immediate feed back
4.      Indirect feed back
5.      Inferential feed back
6.      Zero feed back
7.      Neuteral feed back
8.      Positif feed back
9.      Negative feed back
7.      Effect adalah hasil akhir dari suatu komunikasi yakni sikap dan tingkah laku seseorang sesuai atau tidak dengan yang kita inginkan.

2.5  PROSES KOMUNIKASI
            Proses komunikasi adalah komunikator melakukan penyediaan sumber informasi (encoding) kemudian pesan disampaikan komunikator kepada komunikasi melalui media kemudian penafsiran pesan oleh komunikasi dalam (rechoding).
            Prinsip dasar dari komunikasi ada 4 yaitu :
1.      Komunikasi adalah suatu proses
2.      Komunikasi adalah suatu system
3.      Komunikasi merupakan suatu interaksi dan transaksi
4.      Komunikasi dapat terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja



PENUTUP


3.1 KESIMPULAN
Dari penjelasan makalah kami di atas dapat disimpulkan bahwa : Komunikasi merupakan proses pengiriman atau pertukaran (stimulus,signal,symbol,informasi) baik dalam bentuk verbal mauun non verbal dari pengirim ke penerima pesan dengan tujuan adanya perubahan (baik dalam aspek kognitif, efektif, maupun psikomptor),dan, komunikasi bukan hanya sekedar berbicara secara efektif pada orang-orang.komunikasi merupakan suatu proses yang sangat rumit yang terdiri dari sejumlah elemen yang berbeda- beda
3.2 SARAN
Setelah mempelajari proses komunikasi keperawatan maka perawat dapat melakukan komunikasi dengan klien secar baik dan benar





DAFTAR PUSTAKA

1)      Witzany, Guenther. "The Logos of the Bios 2. Bio-communication. Umweb, Helsinki (2007)
2)      Dance, Frank. "The 'concept' of communication. Journal of Communication, 20, 201-210 (1970).
3)      Mundakhir. Graham ilmu.
4)   Seputar Keuangan



BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT
Pintar ceplas ceplos bahasa inggris
Dowload scribd gratis
POSISI menentukan Kenyamanan croott





1 komentar:

Soal Ujikom mengatakan...

Huuffzzz
gt yaa
sip dechh