1. ANALISA KEBUTUHAN
MARKET
Langkah awal yg perlu
dilakukan dlm perencanaan bisnis, kita harus tahu apa yg jadi kebutuhan
konsumen saat ini kebutuhan ini akan jadi masukan utk ide bisnis kita.
2. TENTUKAN IDE BISNIS
Buatlah list ide bisnis yg
berpotensi, cari ide bisnis dr berbagai sumber (internet, buku, majalah,
seminar dll) lalu pilih 1-2 ide bisnis yg paling berpotensi.
3. TARGET KONSUMEN
Tentukan target calon
konsumen yg nantinya akan kita sasar. Target market: kelas social, status
(pelajar/pekerja dll), gender dll.
4. ANALISA PESAING
Cari tahu siapa pesaing yg
ada dipasaran, pelajari yg dilakukan pesaing lalu jadikan strategi mereka
sebagai masukan untuk produk kita.
5. PRODUK
Mulailah buat konsep
produk/jasa: Konten, Kemasan, Layanan. Fokuslah pada kualitas dan buatlah
produk yg memiliki kelebihan dibanding produk yg ada dipasaran.
6. HARGA
Tentukan harga dgn baik:
Cek dgn target market, cek dengan pesaing dan cek dgn target keuntungan yg mau
diperoleh.
7. PROMOSI
Tentukan cara promosi
produk kita. Bisa via brosur, social media, website, media online,
pameran, bazaar. Lakukan promosi secara konsisten.
8. DISTRIBUSI
Tentukan cara distribusi
produk kita, apakah jual di toko sendiri, orang lain, ada distribution channel
atau melalui online shop & reseller.
9. TIMELINE & MONITOR
Tentukan kapan bisnis akan
segera dimulai. Buatlah rencana actionnya serta lakukan monitoring persiapannya
sehingga bisa berjalan sesuai dgn rencana.